#NgertiGizi

Setahun terakhir komunitas 3 Little Angels (3LA) sibuk banget mengumupulkan bantuan yang berdatangan dari kanal sosial media @3_Little_Angels di Twitter, ajakan dari founder 3LA @justsilly di kanalnya dan juga para sukarelawan 3LA sendiri. Memang banyak yang membutuhkan bantuan baik dalam bentuk dana maupun moral atau dukungan. Tapi menyalurkan dana itu juga ternyata gak segampang itu. Para sukarelawan 3LA sebelumnya sudah harus mengecek latar belakang penerima bantuan dan juga jenis penyakitnya. Jadi penerima dana pun memang benar-benar anak dan keluarga yang layak menerima.

Pada saat mendampingi anak-anak sakit ini, kita sering sekali menemukan sakit yang seperti malnutrisi, atau usus yang lengket dan lain-lain. Dan menurut para dokter dan suster yang merawat mereka, itu karena pola makan mereka yang kacrut. Siapalagi kalau bukan ibu nya yang patut bertanggung jawab atas pola makan anak mereka sendiri.

Pola makan anak-anak entah itu dari keluarga tidak mampu atau bukan, sangat sembarangan sekali. Dari konsumsi mie instan yang sangat sering, juga makanan seperti snack dalam kemasan, dan minuman-minuman manis yang mengandung pewarna buatan. Makanan-makanan tadi gampang sekali di akses oleh anak mereka sendiri karena umumnya warung, mini market macam alfa atau indomaret bertaburan di mana-mana. Rengekan anak-anak segampang diatasi dengan uang 5,000-20,000 setiap kali jajan. Okay nanti masalah keuangan kelaurga kita bahas di post lain.

Tapi serius, Ibu-ibu pada umumnya udah gak peduli dengan pola makan anaknya. Jadi gak heran kalau si anak-anak ini gampang sekali terkena sakit keras yang berhubungan dengan gizi.
Berangkat dari situ, 3LA bulan Juli nanti ingin mengadakan acara sosialsasi pola makan dan gizi yang sehat utuk warga di daerah Guntur. Di daerah ini ada sekitar 30 ibu yang akan ikut diskusi dengan ahli gizi dan satu orang dokter yang akan berbagi cerita bagaimana punya pola makan dengan gizi benar. #NgertiGizi akan jadi nama acaranya dan memang diharapkan setelah ikutan acara ini banyak Ibu yang benar-benar #NgertiGizi dan bisa menerapkan langsung ke pola makan anak mereka.

Jadi mulai Juli 2013 nanti 3LA gak cuma mendampingi dan menyalurkan bantuan ke anak-anak sakit keras tapi juga mengajarkan ke banyak orang, terutama para Ibu. Kita berharap acara #NgertiGizi ini bakal jadi semangat baru untuk orang banyak dan memilih pola hidup yang jauh lebih sehat sebagai pencegahan.

Karena walaupun sangat cliché, mencegah memang lebih baik daripada mengobati. (Dan lebih murah).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s