Note Before Lebaran

Pencarian terbesar dalam hidup manusia adalah penebusan.
Penebusan? Kedengerannya terlalu agamawi.

Wait.
Pemikiran gue sebenarnya simple. Coba bayangkan hidup di dunia ini tanpa agama, tanpa Tuhan. Apakah masih ada dosa? Kalau memang sudah nggak ada dosa di dunia ini, kenapa saat kita melakukan hal buruk (ke orang lain atau ke diri kita) kita masih merasa bersalah? ‘Guilt’nya tersisa di kepala.

Memang kenapa kalau punya rasa bersalah? Tau nggak rasa bersalah itu adalah sumber dari segala macam penyakit pikiran; dari marah, menyesal, stress, insecure, malu, rendah diri, dan lain sebagainya. Yang namanya ‘anger’ alias marah itu bisa sampai ke level destruktif. Ke orang lain atau pun diri sendiri. So rasa bersalah tadi ternyata sumber dari segala macam negativity. Nah mari kita kembali ke dunia yang beragama dan dengan Tuhan. Dosa itu adalah ganjaran dari hal-hal buruk yang kita lakukan ke diri sendiri dan orang lain. Dosa adalah rasa bersalah.

Trus bagaiaman menghilangkan rasa bersalah? Simple. Forgiveness.
Pak Ganda, supir gue sempat bilang, kalau kita minta maaf sama orang dan pas kita di maafkan … Rasanya beban kita seperti terangkat.

Ada tiga permintaan maaf yang bisa kita lakukan untuk menghapus rasa bersalah tergantung kita bersalah ke siapa.

  1. Minta maaf ke pihak atau orang yang kita perlakukan buruk. Simple. Tapi nggak gampang karena ada ego dan pride. Butuh keberanian besar untuk minta maaf sama orang lain.
  2. Memaafkan diri sendiri. Terkesan gampang, padahal nggak. Malah paling sulit. Karena sering kali kita nggak sadar kalau kita menyalahkan diri sendiri akan hal-hal buruk yang kita dapat. Seolah kita menuntut harusnya nggak begini, harusnya kita punya kontrol atas apa yang terjadi. News flash! Few things are beyond our control. And you just have to let go. Setelah itu kita baru bisa move on.
  3. Lewati dua hal tadi baru kemudian meminta maaf sama yang di Atas. Be honest about what you feel, say it, admit it, jangan tutup2in. Put in your pray. Dan lo terbebas dari rasa bersalah itu. Lo terbebas dari dosa. Kalau belum juga mungkin lo belum melewati dua hal di atas. Atau lo gak punya keyakinan kalau Tuhan can forgive your sin. Have faith. Pernah dengar tobat kan? Pernah dengar pengampunan kan? Itu beneran ada.

Manusia setiap hari nggak luput di dosa, dan setiap hari juga kita rasa bersalah. Ya mau gimana? Human fails! Tuhan nggak. Dan cuma sama Dia kita bisa minta forgiveness.

Numpung nanti lebaran, kenapa nggak manfaatkan momen itu dengan minta maaf ke orang-orang yang lo punya salah ke mereka, mereka bisa jadi nggak merasa lo bersalah. Bisa jadi lo sepihak. Doesn’t matter, rasa bersalahnya tertinggal di elo. Dan setelah lo terbebas dari rasa bersalah pikiran lo bisa kembali damai.

Konsep Ketuhanan itu sebenarnya simple banget. Pencarian terbesar dalam hidup umat manusia cuma satu. Penebusan. Keselamatan. Salvation. Every day.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s