Start Your Own Business. Now or Never?

Kalau ditanya kapan sih sebenarnya waktu yang tepat untuk memberanikan diri lepas dari yang namanya comfort zone dan memulai usaha sendiri? Entahlah. Rasanya bukan soal kesiapan atau timing yang tepat. Tapi lebih soal keberanian.

Karena kalau kesiapan, patokan siap nya itu apa? Apkah modal di saving account yang cukup banyak? Atau suntikan dana dari investor? Atau business plan yang detail dan list potential client? Kalau nunggu hal-hal yang tadi belum tentu semuanya ada di saat bersamaan. Dan kalau overthinking lama-lama nggak akan siap juga akhirnya. Dan buntut-buntutnya di pending dulu plannya entah sampai kapan.

Cuma keberanian yang bisa jawab kapan waktu yang tepat. Bukan nekad ya. Keberanian untuk punya visi dan menentukan nasib kita sendiri. Tentunya juga diperlukan business projection, business plan, perhitungan overhead, lokasi kantor, dan lain-lainya.

Keberanian untuk tidak bergantung dengan gaji bulanan. Maksudnya bukan berarti mulai usaha trus nggak gajian, tapi jaminan untuk selalu mendapatkan monthly income itu kita sendiri yang menjaminnya. Deg deg an? Rada sih.

Satu lagi adalah keberanian menjamin untuk memberikan regular income ke setiap karyawan. Kalau dulu waktu bekerja dengan orang kita bisa cuek dengan salary kolega dan team kita, ya sekarang semuanya harus dipikirin.

Kedengarannya berat ya? Nggak juga sih. Berani bermimpi untuk punya business sendiri dan melihat ada potensi untuk jadiin mimpi itu nyata akan mengalahkan keraguan dan ketakutan di kepala. Saat melihat ada kesempatan dan potensi untuk set up, cuma satu pertanyaan; “Now or Never?”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s