No More Dinner

Itu yang di bilang oleh mbak-mbak yang meriksa darah gue tadi. Katanya kolesterol gue masih di batas aman; di 194, sementara angka yang dibilang tinggi kalau melebih 200. Tapi ini pun juga terhitung beresiko. Untungnya gula darah masih aman, di 98, sementara tinggi nya adalah 110. Lega. Dan tekanan darah juga masih normal. Nah yang bikin mendebarkan adalah asam urat yang melewati angka 7 batas amannya (8,9). Tapi yang paling parah adalah triglycerides yang sudah nggak bisa di deteksi. Menurut mbak yang meriksa katanya kebanyakan karbo. Beresiko stroke karena pengentalan darah. Dan di warning lah untuk mengurangi karbo dan nggak makan malam.

Makanan orang Indonesia mana sih yang low carbs? Yang ga ada tepung olahan? Dari yang namanya mie, nasi, kwetiau, roti, segala bihun, kue kue, dan cemilan segala. Susah banget. Dan you know what? Salad itu makanan mahal dan gak umum di sini. Ya kan?

Belum lagi kalau ngomongin asam urat. Pantangannya kan banyak. Dari segala jenis sayuran hijau, kangkung, brokoli, kacang-kacangan, sampe ikan teri segala haram hukumnya. Lah makanan Indonesia mana sih yang nggak ada kacang? Sate, ketoprak, karedok, gado gado, tempe tahu dan favorit gue kacang hijau (!).

Apakah cara kita membuat makanan kita itu beresiko? Pertanyaannya berikutnya apakah oatmeal dan buah satu satunya pilihan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s