Tahun Baru dan Passport Baru

Tahun baru begitu juga list traveling baru. Tapi sebelum traveling ada baiknya dokumen selalu siap. Seperti passport, pastikan kalau passport masih berlaku 6 bulan ke depan. Penting untuk selalu memeriksa kapan akhir berlakunya dokumen ajaib itu. Ngurusin passport memang lebih gampang kalau lewat agen atau calo. Gue lebih prefer untuk ngurus sendiri. Seperti aplikasi visa di setiap negara yang pernah gue kunjungi, tidak pernah sekalipun apply lewat agen, kecuali urusan kantor dan itu juga cuma sekali. Lebih hemat, lebih transaparan dan jadi banyak tahu tentang proses nya.

Pergantian passport juga bukan hal yang sulit lagi. Apalagi sekarang kita bisa apply di wilayah berbeda walaupun KTP kita tidak di wilayah itu. Misalnya KTP gue Jakarta Selatan tapi gue apply di Jakarta Pusat. Dengan feature daftar online, kita tinggal masuk ke website imigrasi dan cari pergantian passport online. Ada beberapa pilihan, yaitu e-passport (with chip) dan passport biasa dengan 48 atau 24 halaman. Setelah kita memasukkan data kita akan dikirim sebuah email yang berisi konfirmasi beserta jumlah uang yang harus dibayarkan. Untuk e-passport harganya adalah 655,000 rupiah dengan jumlah 48 halaman. Kita harus membayarkan sejumlah uang tersebut ke BNI.

Setelah dibayar BNI akan memberikan tanda bukti pembayaran dengan nomor jurnal bank yang nantinya diperlukan untuk diisi di website.
Kemudian kembali ke email konfirmasi tadi dan klik LANJUT di email tersebut. Masukkan beberapa data termasuk nomor jurnal bank di bukti pembayaran tadi dan pilih jadwal yang available.

Dan kita bisa lanjut untuk datang ke kantor imigrasi yang kita pilih. Tapi pastikan kita bawa dokumen yang diperlukan, seperti foto copy KTP dan aslinya, Kartu Keluarga dan foto copynya, Ijazah atau Akte Lahir (bisa salah satu) dan foto copynya. Passport lama juga diperlukan. Setelah itu menunggu antrian khusus online. Di hari Senin kantor imigrasi bisa sangat penuh jadi lebih baik datang lebih awal.

Walaupun terlihat banyak antrian yang tidak jelas dan orang hilir-mudik dan tidak teratur, tapi kondisi ini jauh lebih mendingan daripada tahun-tahun sebelumnya. Baik walk-in atau pun online application, mereka semua diberi nomor. Nomor masih belum berurut dan agak sedikit membingungkan tapi para petugas sepertinya tau bahwa banyak orang yang berdiri entah karena bingung atau apa dan mecoba untuk menyrobot antrian.

Satu catatan terakhir, kantor imigrasi meminta kita untuk memakai baju selain berwarna putih. Dan tinggalkan lensa kontak berwarna itu di rumah. Kita sudah bukan di akhir 90-an lagi.

Jangan bikin janji apapun di hari berkunjung ke kantor imigrasi ini. You’ll spend the whole day at immigration office!

Advertisements

One Comment Add yours

  1. Akhir tahun kmrn perpanjang paspor dan proses nya jauh lebih cepet meskipun antrian panjang tp teratur 😉

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s