TV Swasta = YouTube Aggregator

Akhir-akhir ini karena kedatangan keluarga, TV yang tadinya berfungsi sebagai perpanjangan layar smartphone dan laptop jadi lebih sering menyiarkan acara televisi swasta lokal. 

Beberapa kali nonton channel misal Trans TV langsung aware kalau tv swasta sekarang sering sekali memutar acara list ‘Top 10’ kumpulan video-video lucu yang dicomot dari YouTube. Video-video yang sering berseliweran di media sosial ini digabung jadi satu dan dikemas dalam bentuk segmen acara macam “10 Video Terlucu Manusia dan Binatang” atau “10 Video Kejadian Lucu di Airport”. Program kompilasi video ini pun tayang di jam-jam prime time, di mana iklan yang tampil juga tidak sedikit dan kita tahu pasti bahwa jam primetime ini sumber uang untuk stasiun TV itu. Enak ya televisi swasta sekarang, orang lain yang membuat konten diunggah di YouTube dan mereka mendapat penghasilan dari iklan cuma dengan mencantumkan ‘Courtesy of YouTube’.

Jujur gue nggak tahu apakah si stasiun televisi membayar royalti atau apapun itu ke Google, sebagai pemilik YouTube, karena mereka telah menggunakan video-video itu dalam program mereka. Nggak tahu juga apakah ada semacam statement dari YouTube yang mengizinkan pihak lain menayangkan video dari para pengguna YouTube untuk kegiatan komersil. Di sini jelas stasiun televisi mendapatkan keuntungan dari tayangan iklan di antara jeda-jeda waktu di program tersebut. Pengunggah justru tidak mendapatkan apa-apa dari video-video mereka yang ditampilkan di layar kaca.

Mungkin TV swasta harus lebih kreatif dan lebih rajin bikin konten sendiri yang bermutu. Sudah mulai banyak video-video menarik yang diproduksi oleh individual dan amatiran yang kualitas dan isinya jauh lebih menarik di YouTube daripada talk show konyol, sinetron yang tak berkesudahan dan ceramah agama yang isinya shallow juga provokatif di channel tv.

Cepat atau lambat peran tv akan terganti dan makin lama mereka cuma perpanjangan YouTube. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s