2016; Konsistensi = (Re)solusi

Sepanjang 2015, ada masa di mana energi sedang meletup-letup dan semua sibuk memacu gas untuk berlomba-lomba jadi terdepan. Gue sendiri merasa selama 2015 optimisme itu adalah senjata untuk tetap berdiri tegak karena banyaknya batu kerikil yang jadi penghalang untuk bisnis terus berputar atau karir tetap maju grak. Di 2015 teman di sekitar juga banyak yang memilih untuk memantapkan akselerasinya. Lihat saja banyak start-up di kiri kanan yang siap menghamburkan uang investornya, walaupun 1 atau 2 ada yang tutup dan berubah wujud. Juga dilihat dari ketidakpastian pergolakan ekonomi (dilihat dari mata uang Indonesia yang lemah berturut-turut melawan mata uang asing), orang Indonesia umumnya tetap optimis dan hajar tancap gas.

Apa yang harus kita lakukan di 2016 ini? Apakah kita harus tetap membakar energi kita sementara situasi ekonomi lebih kondusif? Sudahkah kita berpikir apa resolusi 2016 kita? Beberapa waktu yang lalu, gue sempat membuat resolusi simple; bisa pull-up minimum 10 kali aja. Namun beberapa waktu kemudian kok gue merasa rasanya ada banyak hal yang perlu diperbaiki tahun 2016 ini. Bagaiman resolusi tahun lalu? Ya sudah lupa. Boro-boro ingat untuk mewujudkannya. Well daripada sibuk mengingat resolusi tahun lalu atau mengarang untuk tahun ini, sementara ada banyak hal basic yang perlu diperbaiki dalam hidup. Lagi-lagi memang kelihatannya seperti hal ringan dan standard saja.

Misal; 

1. Bangun pagi. Punya usaha sendiri membuat kita bebas mementukan kapan waktu yang nyaman untuk ke kantor. Tapi punya perusahaan yang budayanya semua bangun telat juga bukan hal yang bagus. Bangun pagi, tidur lebih awal, olahraga kemudian baru ke kantor di jam 9.30. Kalau konsisten melakukan ini, jam metabolisme badan juga akan terbiasa.

2. Get things done! Klise. Tapi perlu diingatkan secara berkala dan rutin. Karena menyelesaikan pekerjaan saat deadline masih jauh atau menentukan prioritas sehingga pekerjaan yang penting didahulukan itu perlu. Sedikit saja kita terbiasa meninggalkan pekerjaan kita lama-kelamaan akan jadi sebuah habit.

3. Stay calm and avoid euforia. Meyadari sifat sendiri yang impulsive itu akan lebih baik diiringi dengan self control. Maturity ternyata dilihat dari kemampuan seseorang menahan diri dari kegembiraan yang sifatnya sementara.

4. Say less. Di sekitar kita banyak orang yang memiliki opini dan mengekspresikan dengan vokal. Kadang sebuh wisdom adalah kondisi di mana kita bisa untuk berkata/berpendapat seperlunya dalam menghindari pergesekan, perseteruan atau membuat susana lebih keruh.

5. Live simple and healthy. Godaan untuk membeli secara online, hitungannya setiap detik. Baik di mobile, maupun desktop. Salahkan e-commerce yang di backingi oleh perusahaan-perusahaan besar dengan budget iklan gila-gilaan. Tapi kita punya pilihan untuk tidak tergoda. Lupakan promo tiket murah atau kaos-kaos buatan lokal karena saat ini isi lemari sudah dijejeli dengan tumpukan kaos dan waktu untuk bisa cuti jadi lebih sulit diprediksi. Hidup sepertinya perlu dibuat lebih sederhana. Beli apa yang perlu. Beli yang menyehatkan untuk tubuh. Hidup tanpa konsumsi yang aneh-aneh, badan sudah lumayan rapuh, lingkungan lebih ganas, gaya hidup perlu dikontrol. Semuanya nggak akan berhasil tanpa konsistensi.

Jadi resolusi itu tidak perlu baru. Yang perlu itu konsistensi dari resolusi sederhana untuk dijalankan. Resolusi itu juga perlu semacam endurance. Tidak bisa berhasil kalau cuma terbakar di depannya saja. Perlu konsistensi distribusi energi yang merata sampai garis finish. Di situ kita baru bisa tau apakah resolusi kita ada dampaknya dalam hidup atau cuma gaya-gayaan di awal tahun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s