Negara Dengan Profesi Hakim Terbanyak

‘Selamat pagi hakim-hakim terhormat, kira-kira posting Instagram apa hari ini yang membuat kalian semua terhibur dan menghakimi hidup saya?’

Negara tempat gue tinggal ini penduduknya banyak yang berprofesi hakim. Ada hakim agama, hakim iman, hakim moral bahkan hakim fashion. Sebagian entah sadar atau tidak, setiap postingan Instagram yang tadinya adalah etalase pencitraan hidup seseorang lama kelamaan mengundang para hakim gratilan untuk berkomentar, bergunjing dan memeberi lable tertentu di jidat orang itu.

Nggak ada gula ya nggak ada semut. Sepenuhnya bukan salah hakim-hakim gadungan tadi. Para manusia yang gemar memamerkan hidupnya di etalase media digital kadang mengundang iri dengki dan kecemburan sosial sebagian penontonnya. Lagi-lagi mereka lupa bahwa etalaste hidup di Instagram itu tidak sama dengan kehidupan nyatanya. Kecemburan tadi mengundang para hakim untuk berpartispasi bersidang di depan layar smartphone mereka. Lebih lucu lagi, para Instagrammer tadi kadang sengaja membuat pencitraan palsu, check-in palsu, throwback yang seolah current dan tentu kepalsuannya terendus oleh para hakim media sosial yang selalu selidik menyelidik ala detektif. Dan makin keruhlah kegiatan hakim-menghakimi saling menempel label yang ujungnya pergunjingan omong kosong. Belum lagi saat hakim moral ikut-ikutan yang akhirnya ditutup dengan bullying.

Suka atau tidak siapapun punya peran hakim saat melihat sesuatu hal di depan mata mereka. Wajar untuk menakar apakah hal tersebut baik atau tidak untuk kita beradasar standar hidup atau norma kita. Tapi saat proses penghakiman itu sudah agak berlebihan walaupun hidup kita tidak terpengaruh akan hal atau sosok itu, ini yang jadi mengganggu. Semua orang memang berhak atas berbagi opini. Tapi opini di publik yang menyudutkan juga bukan cara baik untuk mengubah sesuatu hal.

Menghakimi bukan berarti kontrol sosial. Menghakimi hanya cuma mau bilang ‘hidup saya lebih baik daripada Anda’.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s