Berdamai Dengan Usia

Mungkin problematika manusia yang sudah di atas 30 tahun kurang lebih sama, ‘takut menua’. Sayangnya menjadi tua adalah bagian dari hidup yang tak terelakkan dan harus dihadapi. Yang bisa dilakukan oleh kita yang sadar diri dengan penuaan ini adalah bagaiman caranya memperlambat proses penuaan. Memperlambat garis rambut yang menipis di bagian tertentu atau mencoba mempercepat metabolisme karena melihat foto makanan aja tau-tau sudah naik sekilo.

Seorang teman memiliki goal ‘untuk tidak akan pernah buncit sampai dia tua’. Semoga berhasil ya. Salut untuk orang yang punya tekad besar untuk berusaha sekuat tenaga, hitting the gym sehari dua kali, makan salad pagi siang malam dan sebagian berusaha untuk mencoba berbagai macam produk kulit rambut untuk tetap kelihatan muda, dari erha sampai sk-sk an. Segitu takutnya kita akan yang namanya menua.

Gue pun sama. Ada moment di mana kita membandingkan diri kita dengan orang di sekitar kita. Selama bisa positif hal-hal tersebut bisa jadi motivasi untuk berusaha lebih keras misal tetap berusaha membakar lemak di klub olahraga,  atau selama itu rambut masih bisa diperjuangkan untuk tetap tumbuh yah dijajal ajalah. Nanti mungkin ada saatnya kita stop dan give up dengan menerima proses penuaan itu dengan lapang dada karena ada prioritas lain yang dipikirkan, baik itu pekerjaan, love life maupun kesehatan.

Selama penuaan itu disertai dengan kesehatan yang prima, itu sudah cukup. Selama angka kolesterol di bawah 200, asam urat di angka aman, gula darah dan lemak darah aman ya cukuplah. Bonus kalau bisa membentuk badan, tapi jangan sampai jadi terobsesi. Karena ada hal yang lebih penting dalam hidup selain menjadi tetap muda, yaitu berdamai dengan usia, matang secara pikiran dan punya waktu dengan orang-orang yang kita cintai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s