Akhirnya Kepalsuan itu Memakan Korban

Gue selalu bilang dengan temen traveling gue yang napsu banget foto-foto di landmark touristy, yang kadang perlu jalan jauh demi mendapatkan sebuah check list dan foto, “udah lo aja foto ntar gue ambil dari getty image trus gue edit..”. Tentunya gue becanda aja. Sudah sampai di lokasi masa malah upload foto palsu. Tapi ternyata ada juga orang yang nekad pasang foto palsu. Bukan karena dia cape jalan atau malas heboh pada saat traveling tapi karena ingin panen likes.

Beberapa waktu yang lalu akhirnya ada juga yang tercyduk karena ngembat foto orang lain di IG kemudian dengan ilmu photoshop setingkat DI artist 7 jutaan per project, merekayasa foto itu seolah itu foto beneran punya dia. Foto-foto first class di airline ternama yang dipajang si empunya, dihajar habis-habisan secara digital imaging sehingga foto pelaku dan keluarganya mejeng di kabin first class pun nyaris bisa dipercaya seperti nyata. Luar bisa ilmu Photoshop orang yang mengedit foto tersebut.

Netizen Indonesia yg pada umumnya reaktif; kadang dengan mudah memberi likes dan juga kadang mudah meludah trolling dan nyinyir digital rame-rame, ikutan mencemooh si plagiat dengan followers ribuan ini. Otomatis tamatlah riwayat si plagiat DI artist ini. Media macam detik dan kumparan pun bahkan memberitakan tentang kepalsuan mereka seolah mereka orang penting di mayarakat.

Memang ada harga untuk setiap kebohongan publik yang dilakukan demi gengsi. Dan itu adalah harga puluhan dan ratusan likes yang didapat dari silaunya citra gaya hidup yang ingin ditampilkan. Citra tersebut dilakukan demi memanjat status sosial agar decak kagum selalu berdatangan dalam bentuk comment dan ikon hati di IG. Apa daya netizen jauh lebih kritis dan mata mereka tajam.

Tangga sosial tidak akan ada habisnya untuk di panjat. Silahkan kalau mau berlomba naik tangga. Silahkan juga kalau mau berhenti di level tertentu dan bilang cukup. Karena pentingnya sebuah reputasi, maka hal tersebut tidak selalu bisa divalidasi oleh tumpukan likes dan followers yg bejibun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s