Nomer 3 Akan Bisa Bikin Kamu Dapat Apa yang Kamu Mau di 2018 ini!

Astaga ini judul click bait sampah bgt ya.

Yak. Akhirnya masuk juga bulan ke-3 2018. Padahal baru kemarin kita tulis-tulis note resolusi tahun depan di Desember 2017. Resolusi kan cuma bertahan sebulan dalam catatan. Dua minggu pertama 2018 aja mungkin sudah lupa. Tapi buat yang masih ingat resolusi di tahun sebelumnya dan nggak kesampaian juga dilakukan, coba lah direcycle, siapa tahun ini lo bisa lebih niat.

Kalau resolusi lo adalah mencoba untuk memperbaiki suatu hal dalam hidup, baik keuangan, kebiasaan, pola makan atau pekerjaan dan sampai detik ini belum berhasil diperbaiki, mungkin ada 3 hal yang harus dilihat lagi;

  1. Selalu melakukan hal yang sama berharap hasil yang berbeda. Berharap ada intervensi dari langit saat berulang kali melakukan hal yang sama adalah bodoh. Mengubah kebiasaan memang sulit, perlu purpose yang besar untuk memulai sesuatu. Tapi untuk tetap commit melakukan perubahan itu sampai menjadi kebiasaan baru dan akhirnya mendapat hasil yang beda itulah perang sesungguhnya. Tidak punya waktu untuk berolahraga misalnya, karena jadwal kantor yang padat dan sering lembur, maka jalan satu-satunya adalah bangun sebelum jam 6 pagi dan menyempatkan ke gym sebelum masuk kantor. Namun bangun pagi dan tidur lebih awal itu perlu perjuangan, komitmen dan keteguhan hati untuk tidak mainan hp hingga tengah malam. Dengan selalu tidur telat dan bangun diatas jam 7 berharap punya waktu untuk sempat lari?
  2. Step back and rethink. Pada saat orang memiliki insiatif untuk melalukan suatu hal dalam hidup mereka, orang tersebut harus berhenti sebentar dan melihat ulang rutinitas dan tahap-tahap kebisaaan yang mereka lakukan. Bukan berarti karena sesuatu sudah dilakukan bertahun-tahun kemudian dibenarkan. Lihat ulang mengapa nya. Mengapa lo ingin mengubah hal tersebut. Kemudian lihat proses hariannya, bagian mana dari proses tersebut yang bisa lo improve. Kita cenderung ingin mendapatkan hasil bagus dengan menciptakan inovasi namun lupa untuk mundur sekejap melihat ulang kembali, memperbaiki prosesnya.
  3. Set up dengan jelas purpose nya sehingga direction nya pun lebih pasti. Ketika tahun lalu gue punya resolusi untuk bisa pull-up at least 10 kali, gue tahu gue akan gagal dan nggak akan kesamapaian. Karena pada saat mengininkan hal tersebut, objective nya nggak jelas untuk apa. Harusnya gue perjelas di kepala, bahwa dengan pull-up 10 kali gue bisa join indobarian misalnya, atau dengan pull-up 10 kali gue bisa mendapat followers tambahan 1000 misalnya. Nggak ada satu alasan pun yang matters buat gue sehingga tidak ada usaha yang mengarah ke sana juga. Itu hal yang simple, banyak hal lain yang lebih complex dari pull-up bisa dilakukan kalau purpose nya bisa jelas di awal.

Nah coba tulis ulang resolusi tahun-tahun sebelumnya dengan memperhatikan 3 hal tadi. Mumpung masih maret, masih ada 9 bulan untuk akhirnya tahun depan punya list resolusi baru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s