India. Berharap Sedikit Terkejut Banyak; Part Agra

Setelah terbuai dengan mitologi Hindu dan Sikh, besoknya gue berangkat dengan mobil charteran dari Klook. Harganya 400 ribuan aja, mobil menjemput dari hotel dan langsung menuju Agra. Delhi ke Agra nggak jauh kok, hanya 2-3 jam. Agra sendiri kotanya biasa banget, cuma karena Taj Mahal, Agra jadi sebuah kewajiban untuk dikunjungi.

Sore itu di Agra, janjian dengan walking tour guide yang paketnya di beli juga di Klook, kandas. Si guide menunggu di pintu lain dari Agra Fort. Dan gue inisiatif naik bajaj untuk menuju gate lainnya, namun apa daya si supir bajaj sotoy yang seolah tahu gue mau ke mana membawa gue kabur jauh dari tujuan awal, Agra Fort gate Delhi, ke pasar tradisional yang becek dan bau, juga macet. Google map pun menujukkan titik yang semakin jauh, sementara si tour guide sudah 45 menit menunggu. Kesal dan panik berkecamuk, lelah mendapat jawaban “I know!” dari supir setiap gue mendebat, turunlah gue begitu saja di tengah jalan saat macet, bodo lah ogah banget ngebayar tuh supir sotoy. Namun ternyata tantangan tak berhenti begitu saja, dari bajaj sotoy satu ke bajaj sotoy lainnya, dan arah bajaj kali ini makin menjadi-jadi jauhnya. Sementara si tour guide sms where are you dan mungkin dia sudah ditutupi sarang laba-laba saking lamanya. Ah sudahlah, telat aja deh. Akhirnya bajaj terkahir pun tiba di gate si guide tadi. Eh doi malah ke gate pertama gue sampe. Kan anjing. Auk ah gue batalin aja lah tour hari itu karena cape hati dan cape kepala, pun si Agra Fort dah tutup. Batallah hari itu.

Kekesalan tadi cukup terobati saat esok subuh tiba di Taj Mahal. Taj Mahal di kelilingi oleh komplek perumahan yang steril dari mobil dan bersih. Antrian belum ada tapi pada saat berusaha masuk dan menunggu Taj Mahal dibuka, cukup lama menunggunya. Saran gue, buat yang cuma ingin ke Taj Mahal di Agra, coba cari penginapan yang walking distance dari Taj Mahal. Hotel jarang, tapi ada beberapa airbnb dan motel. Dan jam yang tepat utk masuk ke Taj Mahal ngga perlu subuh karena ngantri. Jam 7 atau 8 pagi waktu yg tepat, karena pagi banget juga masih berkabut.

Banyak kisah menarik mengenai Taj Mahal yang diceritakan oleh si tour guide, tapi lebih menarik untuk foto karena memang Taj Mahal ini sangat cantik di segala sudut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s