Keto Update

After so many years, the best approach of going to best condition of human health is finally revealed.It’s simple and I think it’s almost difficult at the beginning. What is that? It’s keto diet. In the last 10 years, I’ve been trying to lose weight with different kind of methods. Some of those methods gave…

Keto Update

Setelah menjalani kehidupan tanpa gula dan karbo nyaris selama 2 bulan akhirnya berhenti juga karena flu yang nggak kunjung selesai sementara harus traveling ke Tokyo selama seminggu bersama nyokap. Dan berat pun berhasil mencapai angka 98 yang tadinya 106 kg. Tapi flu tadi cukup mengganggu ya, dan flu itu disebabkan oleh kurangnya istirahat dan selalu…

Hari ke 12 Tanpa Gula dan Ketosis

Ternyata kalahnya Ahok di pilkada, yang notabene adalah kekalahan akal sehat vs dogma agama, tidak membuat mood gue rusak. Setelah 12 hari hidup tanpa gula, stress dan mood yang biasanya bak rollercoaster (coba deh jadi pengusaha) cenderung stabil dan terkontrol. Walaupun dalam suasana panik, seperti kamis kemarin saat jalanan padat dan nyaris nggak keburu ngejer…

Manisnya Hidup atau Asam Garam Kehidupan?

Dunia ini penuh paradox yang seringkali membuat kita tergoda untuk merenungkan kembali jangan-jangan apa yang kita yakini selama ini salah. Teeeet bukan. Kali ini bukan agama. Kali ini kita bicara mengenai gula. Ternyata gula yang begitu manis, yang menjadi esensi makanan dan minuman yang mengisi waktu-waktu makan dan ngemil kita, bisa dibilang berbahaya bagi tubuh….

Berdamai Dengan Usia

Mungkin problematika manusia yang sudah di atas 30 tahun kurang lebih sama, ‘takut menua’. Sayangnya menjadi tua adalah bagian dari hidup yang tak terelakkan dan harus dihadapi. Yang bisa dilakukan oleh kita yang sadar diri dengan penuaan ini adalah bagaiman caranya memperlambat proses penuaan. Memperlambat garis rambut yang menipis di bagian tertentu atau mencoba mempercepat…

Godaan di Tovas

Perbedaan yang paling mencolok antara masa kecil dan masa kita dewasa ini adalah komentar orang-orang di sekitar kita terhadap kita secara kebiasaan, fisik dan hidup kita pastinya. Yang paling sering gue ingat waktu kita kecil saat kita berhasil melahap makanan kita, adalah “Hebat! Makananannya habis! Gitu dooong biar cepet besar”.. Sementara saat kita dewasa dan…

Road to 88

Sebagai seorang yang berbadan tambun (memperhalus kata-kata~yang seharusnya bisa aja dibilang ‘gendut’), rasanya pencarian terbesar dalam hidup ini adalah mencoba mengurangi berat badan yang naik 2 kg setiap tahunnya. Berat badan yang sempat mencapai 103 beberapa minggu lalu alias satu kwintal lebih membuktikan ada yang salah dengan self control gue. Memang untuk urusan olahraga, gue…